Foto Propaganda Rusia era Sovyet

Artikel Sejarah Fotojurnalistik | Oleh: Aljon Ali Sagara

Foto berlatar seorang anak kecil ini adalah sebuah karya fotografer ternama berkewarganegaraan Rusia bernama Gennady Koposov, Peraih penghargaan World Press Photo (WPP) tahun 1964.

Rusia dikenal sebagai gudangnya para fotografer berbakat, banyak kalangan menyebut sangat terkenalnya fotografer Rusia dikarenakan satu hal terkait sebagai faktor dominan yakni karena begitu massivnya negara berhaluan komunis ini mengedukasi dan menyiarkan berita foto untuk kepentingan propaganda.

Pemerintah Rusia era Uni Sovyet sangat berkepentingan untuk mendapati warganya terdidik dengan baik dan mampu untuk bekerja di biro media foto propaganda.

Sejak awal tahun 1955 Rusia telah memegang teguh disiplin dalam mengedukasi jurnalisfoto dengan ambisi mencetak setiap fotografernya agar mampu memproduksi gambar-gambar kontra propaganda asing yang datang berasal dari media cetak asing.

Russ Press Photo mencatat tak kurang dari 89 penghargaan internasional telah diraih Rusia. 133 lainnya adalah penghargaan Photographer Award, 45 diantaranya adalah Golden Eye Award dalam bentuk medali emas.

Seorang exebhitor foto ternama Sergey Kivrin mengatakan World Press Photo menjadi awal penanda era penerapan fotografi Rusia dengan mengedepankan perspektif nilai dan simbol mendalam lewat artikulasi sebuah karya foto kontroversi yang menjadi kepiawaian fotografer asal Rusia.***

Foto: RUSSPRESSPHOTO

Sumber: Russia Beyond The Headlines, 2012 | Biennial Fotofest, 2012 | Wikipedia | Voice of Russia, 2011 | Reporters and Viewers, 2000 | WWII Magazine, 2011 | LIFE magazine, 2012

Penulis adalah Kontributor Foto, Peminat Kajian Bela Negara dan Bidang Pertahanan, Founder Berita Foto Jakarta | email: aljonalisagara@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: