KPU dan Bawaslu Sebaiknya Fokus

Rabu, 20 Maret 2013 | Berita Foto Jakarta
20130303 KPU TajukCo BFJ
Tajuk.co, JAKARTA
–Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebaiknya fokus mengelola tahapan Pemilu agar berkualitas, ketimbang berseteru atas perbedaan pendaat yang kerap terjadi.

Manajer Pemantauan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz mengmukakan hal itu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/3).

Masykurudin berpendapat,  sebaiknya KPU-Bawaslu lebih menekankan pengelolaan tahapan pemilu yang lebih penting, terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas penyelenggaraan dan pengawasan pemilu ke depan.

“Jangan sia-siakan kewenangan yang tinggi ini justru untuk berseteru satu sama lain,” harap Masykurudin.

Lebih lajut dia mengatakan, dalam melaksanakan penyelenggaraan tahapan pemilu, perkembangan terakhir KPU-Bawaslu menunjukkan tindakan yang kurang baik ke publik.

Menurut dia, sangat terlihat ada kesan menang-menangan dalam berbagai hal, kurang intensif berkomunikasi, lemah dalam koordinasi kelembagaan,  serta terkesan hanya disibukkan dalam proses sidang-sidang saja.

“KPU dan Bawaslu terlihat lebih sering saling berhadap-hadapan dari pada fokus pada pelaksanaan pemilu itu sendiri yaitu mengelola peserta pemilu dan melayani masyarakat pemilih,” ujar dia.

Padahal, imbuh Masykurudin,  banyak tahapan pemilu yang lebih penting dan harus segera diselesaikan oleh KPU dan diawasi oleh Bawaslu.

Jika KPU dan Bawaslu kerap berseteru dikhawatirkan kedua lembaga itu akan kehilangan wibawa di mata peserta pemilu,  sehingga tidak mempunyai kekuatan penuh untuk penyelenggaraan pemilu ke depan.

Lama kelamaan, ujar dia,  bisa jadi penyelenggaraan pemilu lebih dipercayakan ke lembaga peradilan.  “Dan itu menjadi indikasi lemahnya kinerja KPU-Bawaslu sendiri.” (IST)

Foto: Tajuk.co / Aljon Ali Sagara
Link: KPU dan Bawaslu Sebaiknya Fokus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: