Harga Bawang Merah Meroket di Karimun

Minggu, 7 April 2013 | Berita Foto Jakarta
19032013 Bawang Merah Tajukco BFJ

Tajuk.co KARIMUN — Harga bawang merah di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepuluan Riau meroket tajam hingga menembus Rp60 ribu per kilogram. Kondisi ini terjadi hampir merata di sejumlah pasar tradisional yang ada di Karimun.

Sebelumnya harga bawang merah Jawa yang lebih kecil ukurannya dan dikenal lebih gurih hanya Rp20 ribu per kilogram. Namun Sabtu (4/7/2013) kemarin, tiba-tiba harga melonjak mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Seorang pedang di Pasar Puakang, Tanjung Balai Karimun, Inang (38) mengatakan, kenaikan bawang merah tersebut begitu tinggi, sehingga ia dan pedagang lainnya merasa bingung menjual bawang merah yang harganya meroket tersebut.

“Kami tak tega mau menjual bawang merah yang mahal ini. Dan sudah hampir satu minggu ini kami tidak menjual bawang merah,” kata Inang.

Inang tak tahu penyebab kenaikan harga bawang yang begitu tinggi. Namun informasi yang ia dengar ada tangkapan bawang yang dilakukan oleh petugas, sehingga pasokan bawang terputus.

“Entah benar informasi itu atau tidak saya sendiri tidak tahu,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, HM Hasbi saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui adanya kenaikan harga bawang merah di pasar. Apa penyebab kelangkaan bawah merah pun belum juga diketahui.

“Ya, saat ini saya belum mengetahuinya, kasus ini kan kasus nasional. Selama ini yang saya tahu melonjaknya harga bawang cuma terjadi di Pulau Jawa saja, saya sendiri belum mengetahui kalau di Karimun juga terjadi kenaikan harga bawang merah,” ungkap Hasbi. (ZUR)

Foto: Tajuk.co / Aljon Ali Sagara
Link: Harga Bawang Merah Meroket di Karimun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: