KPU Loloskan 6.481 Bakal Calon Anggota Legislatif

Selasa, 11 Juni 2013 | Berita Foto Jakarta
19032013 AljonAliSagara_KPU Pusat 1
Tajuk.co, JAKARTA – Setelah melalui proses verifikasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan 6.481 Bakal Calon Anggota Legislatif (bacaleg) dari 12 parpol peserta Pemilu 2014 memenuhi syarat untuk ditetapkan ke dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menurut Ketua KPU Husni Kamil Malik, total Bacaleg yang diajukan berjumlah  6.577 orang. “Setelah melalui verifikasi dan perbaikan status persyaratan bacaleg yang belum memenuhi syarat 79 orang dan tidak memenuhi syarat 77 orang,” kata Husni ketika bertemu perwakilan parpol, Senin kemarin di Jakarta.

Dari jumlah bacaleg yang lolos untuk ditetapkan sebagai DCS itu rinciannya adalah lulusan SLTA 2.531 orang, Diploma (D3) 1.661 orang, sarjana (S1) 2.231 orang, pascasarjana (S2) 1.481 orang, dan doktor (S3) 274 orang.

Husni mengungkapkan,  caleg belum memenuhi syarat (BMS) adalah caleg yang belum menyertakan pernyataan mengundurkan diri dari instansi sebelumnya, seperti PNS, TNI dan Polri.

Persyaratan bagi bacaleg yang mengundurkan diri harus menyertakan surat pernyataan (pribadi) sekaligus juga surat pernyataan dari instansi (SK).

Sementara itu  79 bacaleg yang tidak lolos terkendala persoalan penempatan minimal 30 persen bacaleg perempuan di setiap daerah pemilihan, bacaleg ganda, serta ketidaklengkapan ijazah.

Partai yang tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan adalah Partai Gerindra (satu dapil), Partai Amanat Nasional (satu dapil), Partai Persatuan Pembangunan (dua dapil), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (3 dapil).

Akibatnya, keempat partai tersebut tidak dapat mengajukan wakil beberapa dapil, yaitu Partai Gerindra (dapil Jabar IX), PPP (dapil Jabar II dan Jateng III), PAN (dapil Sumbar I), serta PKPI (dapil Jabar V, VI dan NTT I).

Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan pada 12 Juni untuk kemudian diumumkan ke publik dan media massa pada 13 Juni 2013. (HAS)

Foto: Tajuk.co / Aljon Ali Sagara
Link: KPU Loloskan 6.481 Bakal Calon Anggota Legislatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: