Komunitas Difable Jajaki Aksesibilitas Transportasi Umum Jakarta

Kamis, 4 Juli 2013 | Berita Foto Jakarta
20130704 Blusukan Transportasi JBFT Jokowi_AljonAliSagara_35
Komunitas edukasi disabilitas Jakarta Barier Free Tourism (JBFT, Wisata bebas hambatan) melakukan inisiasi mandiri melakukan penjajakan kelayakan jalur transportasi umum dengan mengundang warga Jakarta untuk menulusur ke sejumlah kanal transportasi publik Jakarta.

Secara swadaya masing-masing peserta blusukan turut serta di lapangan mencoba menumpang dua moda transportasi bus Transjakarta dan kereta Commuter Line Jabodetabek, Kamis (4/7/2013), mulai dari depan kantor Balaikota, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Perjalanan edukasi JBFT yang ke-16 kalinya ini juga mengundang Gubernur Joko Widodo untuk ikut serta, JBFT bermaksud agar pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta juga memahami dengan baik, apa yang menjadi kebutuhan disabilitas dalam bertransportasi angkutan publik.

Edukasi semacam ini, bagi para pengguna fasilitas umum sangatlah penting, untuk bekal pemberian masukan dan evaluasi secara langsung ke dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan sejauhmana kelengkapan serta minimnya sarana dan prasarana yang tersedia.

Tujuan edukasi
Kelompok disabilitas JBFT pun berharap kegiatan seperti ini menjadi nyata memiliki daya advokasi disabilitas berkenaan dengan 3 hal pokok yakni, Pertama; Tercapainya aksesibilitas penghubung antar moda transportasi, Kedua; Kelayakan infrastruktur, serta Ketiga; Sarana transportasi umum yag memenuhi standar kelayakan.

Perhatian serius dan berkelanjutan dari pemerintah DKI Jakarta menjadi bahan evaluasi JBFT, ini dikarenakan setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kenyamanan bertransportasi demi kemajuan ibukota Jakarta yang baru, modern, beradab, serta ramah disabilitas .  (Tajuk.co / Aljon Ali Sagara)

Jurnalisfoto: Aljon Ali Sagara
Twitter: @aljontwit

Ketentuan umum:
Dilarang mengcopy, mengedit naskah, seluruh atau sebagian, materi tulisan teks dan atau foto, serta diharuskan mencantumkan lengkap identitas artikel: Tajuk.co / Aljon Ali Sagara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: