Fotografer Sering Terjebak oleh Narasi Besar

Minggu, 4 Agustus 2013 | Berita Foto Jakarta
20130803-oscarmatuloh-diskusi-fotokita-frame-natgeoindonesia_beritakedaulatancomJAKARTA, BeritaKedaulatan – Fotografer tidak bisa memunculkan sebuah karya Foto Cerita hanya dengan cara, melihat secara visual saja, gambar ilustrasi grafis karya orang terdahulu pun dapat juga menjadi inspirasi.

Pewarta foto senior pada Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN) Oscar Matuloh juga memberikan gambaran bahwa, foto-foto yang inspiratif menurutnya, dapat juga didapat dari karya-karya foto yang sudah ada sebelumnya, yang diciptakan oleh fotografer terdahulu.

“Tidak perlu gengsi untuk (berkeinginan) menciptakan sesuatu (ide) yang baru,” kata Oscar saat berlangsungnya diskusi bertemakan “Berkisah Melalui Fotografi” bersama Fotokita Sharing Moment (FRAME) di Galeri Fotojurnalistik Antara (GFJA), Passer Baroe, Jakarta Pusat, Minggu (3/8/2013).

Oscar juga menyitir bijak bahwa, “Banyak fotografer yang terjebak dalam Narasi atau tema-tema besar,” sesalnya. Ia kemudian memaparkan, dalam penggalian sebuah ide Foto Cerita sebenarnya lebih ditimbulkan oleh persepsi yang fotografer coba munculkan.

Persepsi tersebut bisa dari sebuah susunan kata-kata (bernilai) sastra yang dimunculkan kedalam wujud bentuk gambar-gambar tunggal. “Gambar-gambar tunggal tersebut (dibentuk) kedalam sebuah Foto Cerita,” urainya.

Ia mengingatkan bahwa, tidak bisa seorang fotografer dapat memunculkan sebuah Foto Cerita secara utuh, “Hanya dengan melihat secara visual saja,” tukas oscar lagi, meyakinkan peserta diskusi.

Diketahui dalam catatan biografinya, Oscar mengawali karir jurnalistik sebagai reporter pada Kantor Berita Antara, tercatat pula ia merupakan seorang jurnalisfoto yang mempelajari fotojurnalistik secara otodidak, hingga kemudian sekian lama mengukir prestasi dalam karir, kini Oscar menjabat sebagai Direktur Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) LKBN Antara. (ASA/FOTO/BK)

Foto: Aljon Ali Sagara / BeritaKedaulatan.com
Link: Fotografer Sering Terjebak oleh Narasi Besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: