Kampung Deret Menteng Segera Direalisasi

Selasa, 20 Agustus 2013 | Berita Foto Jakarta
20130820-CamatMenteng-BondanDyah_aljonBK-BFJ
JAKARTA | BeritaKedaulatan.com – Program penataan wilayah, Kampung Deret di Kecamatan Menteng, segera terealisasi. Camat Menteng Bondan Dyah Ekowati menyatakan siap melaksanakan pembangunannya di Kelurahan Kebon Sirih.

Dipaparkan Bondan, seluruh pendataan dan inventarisasi telah rampung dilakukan, sejumlah 264 rumah penduduk, direncanakan akan dibangun di dua titik Rukun Warga (RW) yakni, RW 08 dan RW 10. Bertempat di sekitar Kelurahan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, yaitu, “Menteng Jaya, Menteng Tenggulun, dan Menteng Cikini Ampiun,” kata Bondan kepada BeritaKedaulatan.com usai memenuhi undangan silaturahmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama perwakilan duta negara sahabat di Rumah Brunei, Menteng, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Lebih lanjut Bondan menjelaskan, dari 264 rumah itu menurut data program Kampung Deret, sudah terdata pula semua nama calon pemilik rumah, lengkap dengan alamat calon pemiliknya. Berdasarkan data inilah kemudian, pihak kecamatan membuat laporan ke Dinas Perumahan Pemprov DKI Jakata, dan setelah itu tinggal menunggu penjadwalan realisasi fisiknya. “Datanya sudah fix, semua persyaratan sudah lengkap,” tukasnya.

Ketika ditanyakan soal peran dan tanggapan masyarakat setempat, Bondan mayakini, dengan adanya Kampung Deret ini akan turut memacu masyarakat lain disekitarnya untuk dapat membenahi lingkungannya sendiri dikemudian hari. “Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik dengan Rukun Tetangga (RT), RW dan tokoh masyarakat setempat, mereka merespon (Program kampung deret) dengan baik,” katanya lega.

Kebijakan Pemerintah Provinsi
Pihak kecamatan telah merinci secara lengkap teknis pelaksanaannya, ia mengutarakan bahwa, tiap satu meter tanah banguna warga akan dihargai seharga Rp1,5 juta dengan kuota anggaran pemerintah yang digulirkan hanya diberikan untuk 36 meter luas tanah. “Untuk dana perbaikan, ya tinggal dikalikan saja.., maksimal 36 meter, jadi maksimal (Anggaran sebesar) Rp54 juta,” tandasnya.

Penataan kawasan Kampung Deret ini bertujuan mewujudkan Jakarta Baru, kota modern, tertata rapi, mewujudkan rumah hunian yang layak dan manusiawi, menciptakan lingkungan masyarakat yang berkebudayaan dan berorientasi pada layanan publik. Sementara data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010 menyebutkan, wilayah Kecamatan Menteng dihuni oleh 25,503 Kepala Keluarga (KK), pada 425 RT, 38 RW, pada luas wilayah 6.530 Kilometer persegi. (ASA-BK)

www.beritakedaulatan.com
Email: redaksi@beritakedaulatan.com
Twitter: @BKindonesia

FOTO: Camat Menteng Bondan Dyah Ekowati usai menghadiri pertemuan bersama para duta negara sahabat di jalan Teuku, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2013). (Aljon Ali Sagara / BeritaKedaulatan.com)

Link/Tautan: Kampung Deret Menteng Segera Direalisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: