Meski Diusir Pedagang di Cikini Tetap Buka Lapak

Jumat, 23 Agustus 2013 | Berita Foto Jakarta
20130823-KerajinanCikini1_BFJbk
JAKARTA | BeritaKedaulatan.com
 – Usaha Kecil Menengah Mikro (UKM-Mikro) di Stasiun Cikini tak gentar mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar tetap diizinkan berdagang, Cikini adalah ikon kerajinan rotan Indonesia.

Salah satu pedagang yang sedang merapihkan barang kerajinan dagangannya, Haji Gondang mengatakan bahwa dirinya, “Sudah mulai dagang di (Stasiun) Cikini dari dulu, tahun 1977, sekarang Cikini sudah menjadi ikon sentra kerajinan. Perajin daerah seluruh Indonesia juga bergantung dengan para pedagang disini,” kata Gondang kepada BeritaKedaulatan.com saat dijumpai depan lapak dagangnya di Stasiun Cikini, Jakarta, Jumat (23/8/2013)

Selain itu juga, Gondang mengatakan, ia dan seluruh pedagang tetap akan menjaga peran pasar kerajinan Cikini yang telah menjadi tempat mata pencaharian perajin industri rotan yakni orang-orang di desa. Demikian pula kelima karyawannya, “Karyawan saya juga jadi kesulitan, mereka kan punya keluarga, yang penghasilannya didapat dari bekerja disini juga,” tukasnya.

Para pedagang berharap akan menunggu hasil pengajuan keberatan ke pengadilan, bisa berbuah manis dengan diizinkannya kembali untuk berdagang di Stasiun Cikini. Dikatakan olehnya, lapak yang dibayarkan pedagang juga tidak murah. “Awalnya Rp400 sampai Rp500 ribu per meter, sekarang naik sampai Rp1,2 juta/m setiap bulannya,” ujarnya.

Meski mendesak dengan tegas tak ingin diusir seenaknya tanpa solusi oleh pihak Pemprov, para pedagang Stasiun Cikini masih menerima bila harus di tetapkan kebijakan untuk mengurangi luas lapak mereka dari luas yang sekarang. (GAA/BK)

FOTO: Haji Gondang salah seorang pedagang yang sejak tahun 1977 berdagang kerajinan di Stasiun Cikini mengatakan bahwa, ia bersama pedagang lainnya lah yang telah menjadikan Stasiun Cikini menjadi ikon sentra penjualan kerajinan rotan yang di kenal seluruh Indonesia. (ASA/BK)

www.beritakedaulatan.com

FOTO: Aljon Ali Sagara / BeritaKedaulatan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: