Guruh: Film ‘Soekarno’ Melenceng Dari Sejarah

Senin, 13 Jauari 2014 | Berita Foto Jakarta
20140113 HUTke61_GuruhSoekarnoputra_AljonAliSagara_IF
IndonesianFrame.com | JAKARTA
– Putra Proklamator kemerdekaan RI Ir.Soekarno, Guruh Soekarnoputra menyayangkan film bioskop berjudul ‘Soekarno’ melenceng dari sejarah dapat merusak generasi muda.

Dikatakan Guruh Soekarnoputra atau akrab disapa Guruh, ini lantaran dalam film tersebut tidak menggambarkan sosok Bung Karno yang sesungguhnya, “Banyak yang melenceng dari sejarah tidak sesuai dengan fakta, dan penggambaran tentang karakter bung Karno, juga tindakan beliau sangat berbeda dengan atas sesungguhnya,” tutur Guruh seusai syukuran berkenaan perayaan hari ulang tahunnya yang Ke-61 di rumah kediamannya, di Jakarta, Senin (13/1/2013).

Guruh yang ketika itu didampingi kakak kandungnya Rachmamati Soekarnoputri atau yang akrab disapa Rachma mengungkapkan Bung Karno selama masa Orde Baru (Orba) pun hanya dipelajari lewat buku pelajaran tak lebih hanya sebagai Proklamator, Presiden pertama RI saja, Soekarno tidak pernah diperkenalkan sebagai satu-satunya penggali Pancasila.

Dari cerita pada sisi karakter lain dikatakan Guruh, “Bukan hanya Bung Karno saja tetapi (juga) tokoh ibu Fatmawati sebagai penjahit bendera pusaka, kemudian Ibu Inggit, Pak Hatta, Pak Syahrir,” tambah dia.

Guruh menguraikan, pada film yang menjadi garapan Raam Punjabi dan Sutradara Hanung Bramantyo tersebut menggambarkan suatu tontonan yang dapat membahayakan pemahaman generasi muda adalah, “Film itu memberikan kesan bahwa kemerdekaan Indonesia itu adalah hadiah dari Jepang,” sesalnya.

Pernyataan Guruh dibenarkan oleh Rachmawati Soekarnoputri bahwasanya dari sisi hukum, pemerintah semestinya tegas menindak penyimpangan dari film ‘Soekarno’. Film ini mirip seperti ketika masa Orba membuat film Gestapu bukan hanya tidak layak ditonton tetapi juga harus dilarang ditayangkan.

Seperti halnya film ‘Soekarno’, “Mestinya pemerintah meskipun film Gestapu tidak ditayangkan tiap tahun lagi, film itu adalah film terlarang yang tidak boleh ditayangkan,” tukas Guruh.(IF)

FOTO: Putra Proklamator Kemerdekaan RI, Guruh Soekarnoputra tengah menjumpai media di kediamannya di bilangan Jakarta Selatan, setelah merayakan peringatan hari ulang tahunnya yang Ke-61, Senin (13/1/2014).(Aljon Ali Sagara)

Sumber: IndonesianFrame.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: